Saturday, January 9, 2016

Tahukah Kamu?? 5 Kegiatan Ini Bisa Tingkatkan Kesuburan


Gudang Berita 77 - Bila sekarang ini Anda tengah berusaha untuk hamil, Anda tentu telah familiar dengan anjuran untuk melindungi berat tubuh ideal, jauhi stres, serta lain sebagainya.

Namun, riset mengatakan, masih tetap ada beberapa hal lain yang butuh Anda kerjakan untuk meningkatkan peluang hamil. Beberapa hal yang kedengarannya aneh, namun layak Anda cobalah.

1. Jauhi berolahraga berat 

James Grifo, MD, PhD, direktur program NYU Langone Fertility Center, dalam bukunya yang berjudul The Whole Life Fertility Plan, menyampaikan bahwa wanita dengan berat tubuh ideal yang olahraga intensitas berat sepanjang minimum lima jam satu minggu, bisa alami penundaan kehamilan.

Pernyataan itu didapatnya dari riset taraf besar di Denmark pada 2012. Riset juga temukan, wanita yang olahraga enteng hampir alami hal yang sama. Kesuburan mereka cuma sedikit lebih tinggi dari wanita yang olahraga berat.

Karenanya, James merekomendasikan Anda untuk teratur olahraga dengan intensitas tengah dengan seimbang. " Variasikan type berolahraga Anda dengan kardio, angkat beban enteng atau tengah, yoga serta pilates serta sempatkan diri untuk istirahat sehari dalam 1 minggu, " sarannya.

2. Kurangi mengkonsumsi spicy tuna roll 

Serta jauhi makan ikan predator besar yang lain seperti ikan makarel, serta ikan hiu. Penghuni laut di puncak rantai makanan condong mempunyai tingkat kerancuan merkuri yang tinggi.

 " Akumulasi merkuri didalam aliran darah dari waktu ke waktu sudah dihubungkan dengan infertilitas, " kata Shruti Malik, MD, dokter kebidanan serta kandungan di Shady Grove Fertility Center Fair Oaks, Va.

3. Sarapan yaitu jatah makan paling besar Anda 

Suatu studi 2013 yang diterbitkan oleh jurnal Clinical Science temukan, bahwa makan pagi yang berlimpah bisa tingkatkan kesuburan untuk sebagian wanita yang mempunyai siklus haid yg tidak teratur.

Beberapa peneliti Israel merekrut 60 wanita dengan sindrom ovarium polikistik serta tidak seimbangan hormon. Subyek riset dibagi jadi dua grup : Grup pertama konsumsi kian lebih 1/2 jumlah keseluruhan kalori harian mereka waktu sarapan (980 kalori).

Grup ke-2 konsumsi jumlah paling besar kalori harian mereka waktu makan malam. Sesudah tiga bln., beberapa peneliti temukan bahwa grup pertama mempunyai kekuatan berovulasi yang tambah lebih tinggi di banding grup ke-2.

4. Janganlah terpaku pada posisi misionaris 

Ada mitos yang menyampaikan, bahwa lakukan hubungan intim dengan posisi misionaris akan memaksimalkan peluang sperma membuahi sel telur. Itu yaitu omong kosong, kata Dr. Malik. " Tak ada bukti bahwa posisi mempunyai dampak pada kesuburan. "

Jadi, Dr. Malik merekomendasikan supaya Anda serta pasangan coba bermacam posisi yang kalian sukai. Yang utama yaitu seberapa kerap serta kapan Anda mengerjakannya.

Pada saat subur, Dr. Malik menyarankan supaya Anda lakukan jalinan intim sehari-hari atau dua hari sekali. Dua hingga tiga hari paling akhir saat ovulasi yaitu peluang paling besar untuk terjadinya pembuahan.


5. Tidur di kegelapan total 

Anda tentu sudah mengetahui bahwa sinar buatan saat malam hari, seperti sinar dari monitor TV serta computer, termasuk juga lampu, dapat mengganggu kwalitas tidur.

Yang perlu Anda ketahui juga, sinar buatan itu dapat juga mengganggu kekuatan Anda untuk hamil. Sekian menurut riset yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility.

Paparan sinar saat malam hari bisa menghimpit produksi hormon melatonin yang mengakibatkan Anda mengantuk, dan memerankan kunci dalam membuat perlindungan telur wanita dari radikal bebas korosif, terlebih sepanjang ovulasi.

Menurut penulis studi Russel J. Reiter, PhD, " Bila wanita berupaya untuk hamil, mereka mesti tidur dalam kegelapan sekurang-kurangnya sepanjang delapan jam pada malam hari. "