Friday, March 18, 2016

Ternyata Minum Air Yang Hangat Lebih Cepat Menghilangkan Haus Dari Pada Minum Air Es



Gudang Berita77 - Waktu dahaga menyerang serta kerongkongan merasa haus, janganlah segera minum es. Ahli menyampaikan minum air hangat tambah baik. Kok demikian?

Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, menyampaikan air bisa terserap lebih cepat bila mempunyai suhu yang sama juga dengan suhu badan. Karenanya bila minum es, penyerapan jalan lebih lambat serta rasa haus merasa lebih lama.

 " Bila minum air dingin memanglah butuh saat untuk sesuaikan dengan suhu badan. Perlu saat lebih sampai diserap ke darah. Maka dari itu bila haus itu tambah baik minum air hangat, " papar Prof Hardinsyah pada wartawan, beberapa waktu terakhir.

 " Namun bila memanglah inginnya yang beberapa fresh, ada rasa manis-manisnya ya memanglah enak minum air es. Namun lambat hilang rasa hausnya, " imbuhnya lagi.

Prof Hardinsyah menyampaikan waktu haus, saran minum paling pas yaitu air putih. Tetapi bila rasa haus berlangsung waktu olahraga, minuman isotonik atau air kelapa dapat jadi alternatif.

Minuman isotonik serta air kelapa memiliki kandungan banyak mineral yang berperan memperkaya cairan badan. Seperti yang kita kenali, cairan badan bukan sekedar diisi air, tetapi juga beberapa zat lain seperti natrium, potassium sampai zat besi.

 " Jadi bila panas-panas berolahraga itu cairan terbuang berbarengan beberapa zat gizinya. Tidak dapat digantikan dengan air putih saja. Air kelapa bisa lantaran memiliki kandungan banyak mineral. Minuman isotonik juga bisa, " papar Prof Hardin lagi.