Saturday, March 19, 2016

'Nadal Masihlah Sangat Diperlukan Dunia Tenis Waktu Ini'

'Nadal Masihlah Sangat Diperlukan Dunia Tenis Waktu Ini'

Gudang Berita77 - Rafael Nadal mulai menunjukkan penurunan penampilan akhir-akhir ini. Walau sebenarnya sosoknya masihlah sangat dibutuhkan oleh dunia tenis sekarang ini hingga tiga tahun yang akan datang.

Penampilan Nadal mendekati turnamen tenis Grand Slam tanah liat, Prancis Terbuka, belum juga berkelanjutan. Dalam tujuh grand slam terakhir dia tidak menang meskipun, termasuk juga di Roland Garros 2016.

Telah demikian, kenyataan tunjukkan Nadal mulai mudah ditaklukkan oleh petenis-petenis nonunggulan. Ditambah lagi dia tengah didera isu memakai doping oleh Roselyne Bachelot bekas menteri berolahraga serta kesehatan Prancis.

Ayah petenis nomer satu dunia, Srdjan Djokovic, menilainya kondisi itu kurang menguntungkan buat tenis. Dia mengharapkan Nadal masihlah dapat bertahan sekurang-kurangnya dua atau tiga tahun lagi dengan level yang sama.

 " Tenis masih membutuhkan Nadal, dia harus comeback, " kata Srdjan.

 " Saya mengharapkan dia masih dapat bermain di level terbaiknya dalam dua atau tiga tahun lagi. Dengan gaya bermainnya itu, memanglah sangat susah untuk melindungi kekuatan di level tertinggi dia, " kata Srdjan.

Nadal memanglah sosok fenomenal. Sejak 2003 sampai sekarang ini, Nadal mengoleksi 14 titel grand slam dengan sembilan di antaranya diraih di Prancis Terbuka. Julukan raja lapangan tanah liat pun lekat kepada petenis Spanyol itu. beberapa tampilan sip di lapangan tanah liat itu juga yang membuat persaingan tenis putra dinamis dengan tidak terus-terusan Roger Federer jadi penguasanya.

Nadal juga merupakan sosok yang unik lantaran dia bermain dengan tangan kiri kendati tidak kidal. Namanya sampai diabadikan sebagai salah satu nama asteroid yang ditemukan di tahun 2003.