Monday, March 21, 2016

Lorenzo Juara, Dovi Ke-2, Marquez Ketiga

lorenzo-juara-dovi-ke-2-marquez-ketiga

Gudang Berita77 - Jorge Lorezo memulai usaha menjaga gelar juara dunia dengan mencetak kemenangan di MotoGP Qatar. Lorenzo menaklukkan Andrea Dovizioso serta Marc Marquez yang finis di belakangnya.

Balapan pembuka musim yang di gelar di Sirkuit Losail, Senin (21/3/2016) dinihari WIB, berjalan seru sejak lap pertama. Lorenzo berhasil mempertahankan posisi terdepan sesaat setelah start, sementara Marquez serta Maverick Vinnales - yang bisa posisi start dua dan tiga - mundur beberapa posisi ke belakang.

Duo Ducati, Andrea Iannone dan Doviziso, menjalani start gemilang dengan langsung menyodok ke posisi dua serta tiga. Pada lap kedua mereka jadi memimpin balapan, setelah nyaris bersamaan menyalip Lorenzo di lintasan lurus.

Lorenzo lalu tunjukkan statusnya sebagai juara dunia. Dia dapat kembali memimpin balapan dan mempertahankan posisi itu hingga menyentuh garis finis.

Menduduki podium kedua dalam race ini merupakan Dovizioso. Rider Ducati itu meraihnya setelah menyalip Marquez di lap paling akhir, dimana mereka berdua pernah ikut serta duel sengit mendekati finis.

Meski terus berada di rombongan terdepan, Valentino Rossi tidak pernah punya kesempatan memimpin race. Selanjutnya The Doctor harus puas dapat posisi finis di urutan keempat.

Jalannya Pertandingan :

Pemilik pole, Lorenzo, melakukan start dengan prima. Dia menjaga posisi paling depan sesaat setelah start. Perubahan besar terjadi di belakang Lorenzo.

Marquez dan Vinales yang dapat posisi start dua dan tiga terlempar ke posisi lima dan tujuh. Lonjakan besar didapat dua pebalap Ducati : Iannone melesat ke posisi dua dan Dovizioso yang naik tiga anak tangga ke posisi tiga. Sementara Rossi naik satu anak tangga untuk menempati urutan ke empat.

Komposisi tersebut tak bertahan lama karena di lap kedua berlangsung pergantian tampuk pimpinan. Di lintasan lurus Iannone dan Dovizioso hampir bersamaan mendahului Lorenzo. Duo Ducati kini memimpin balapan : Iannone nomer satu, Dovi di posisi kedua. Berada di belakang duo Italia itu adalah Lorenzo, Rossi, dan Marquez.

Satu lap berselang Marquez berhasil memperbaiki posisinya usai menyalip Rossi di satu tikungan ke kiri. Juara dunia 2013 dan 2014 itu saat ini tempati urutan empat.

Ada lima pebalap di posisi terdepan berjarak sangat dekat. Dua rider Ducati masihlah ada di posisi paling depan, diikuti Lorenzo, Marquez, lalu Rossi. Di belakang mereka, terpaut lebih dari satu detik adalah Dani Pedrosa yang ikut serta duel dengan Vinales.

Duel sengit berlangsung pada duo Ducati pada lap kelima. Sebelumnya masuk ke lintasan lurus Dovi pernah menggantikan status pemimpin balapan dari tangan Iannone, namun di tikungan selanjutnya Iannone merebut kembali posisi tersebut .

Satu putaran berselang Dovi akhirnya dapat menggantikan lagi posisi paling depan. Persaingan antara duo Ducati itu pada akhirnya tuntas setelah Iannone terjatuh di lap 6. Dia kehilangan kendali motornya saat menikung ke kiri serta jatuh terseret hingga masuk gravel.

Setelah Iannone jatuh, Dovi ditempel ketat oleh Lorenzo. Jarak ke-2 pebalap cuma di kisaran 0, 2 detik. Usaha Lorenzo merebut kembali posisi nomor satu berhasil di lap sembilan.

Saat balapan tersisa 10 lap, komposisi rider di posisi 10 besar yaitu : Lorenzo, Dovi, Marquez, Rossi, Pedrosa, Vinales, Espargaro, Barbera, Smith dan Redding.

Tak ada perubahan terjadi di posisi terdepan sampai beberapa lap setelahnya - meski jarak empat pebalap terdepan sangat dekat. Lorenzo masih solid memimpin balapan, sementara Dovizioso juga bertahan di urutan kedua.

Pada beberapa kesempatan Marquez terlihat akan menyerang rider Italia itu, namun itu tak kunjung terjadi. Untuk Rossi, jaraknya dengan Marquez terus menjauh mendekati satu detik saat race menyisakan 6 lap.

Jarak Marquez dengan Dovi kurang dari setengah detik saat balapan menyisakan lima lap. Satu lap berselang Marquez akhirnya bisa mendahului Dovi dan merebut posisi kedua.

Dengan ada empat lap tersisa, Marquez membidik Lorenzo. Jarak mereka berdua sekitar 1,1 detik. Tapi upaya Marquez mendekati Lorenzo sulit. Bukan hanya karena balapan tinggal menyisakan sedikit lap. Di sisi lain Lorenzo malah berhasil mencatatkan rekor waktu baru yakni 1:54.927 tiga lap sebelum garis finis. Di momen ini jarak kedua pebalap terdepan adalah 0,7 detik.

Bukannya merapatkan jarak dengan Lorenzo dan merebut posisi terdepan, Marquez malah kehilangan posisi kedua setelah dia disalip Dovizioso. Marquez malah nyaris juga disusul Rossi.

Beberapa tikungan menjelang finis Marquez bisa merebut kembali posisi dua, tapi satu tikungan berselang Dovi kembali mendahuluinya. Komposisi Lorenzo, Dovi, Marquez, dan Rossi tak berubah sampai mereka berempat melewati garis finis.